AED.OR.ID – Sebanyak 15 tim dari wirausaha terpilih dalam Program Hyundai Startup Challenge 2022 yang diselenggarakan Hyundai Motor Group di Indonesia. Mereka lolos lewat seleksi ketat dari 826 tim yang melakukan pendaftaran dan berhak mendapatkan total hadiah 176 juta won dan program pelatihan akselerasi selama 6 bulan.
Hyundai Startup Challenge (HSC) 2022 yang kini tahun ketiga menyeleksi 826 tim usaha sosial untuk memecahkan berbagai masalah sosial terkait dengan sektor lingkungan, pekerjaan, kendaraan listrik, dan kesehatan di Indonesia.
15 tim yang terpilih ini mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia sebagai pabrik anak perusahaan Hyundai Motor di Indonesia dan mendapatkan bimbingan konsultasi dari para ahli selama program berlangsung. Selain itu, setiap tim diberikan hibah senilai 9 juta won selama program tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.
“Dengan semakin eratnya kerja sama antara Indonesia dan Hyundai, saya percaya bahwa nilai-nilai yang dibawa HSC juga akan terus meningkat. Hyundai Motor Company akan terus membantu menyelesaikan masalah sosial Indonesia melalui cara-cara kreatif dan inovatif, serta berkontribusi dalam membina wirausaha muda di berbagai bidang,” ujar Lee Kang Hyun, Vice President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters dalam keterangannya, Senin (28/11).
Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 Demo Day, pertama kalinya diadakan secara offline pada tahun ini dan dihadiri oleh lebih dari 100 usaha sosial serta para investor lokal dan perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.
Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Kemenparekraf, Iman Santosa menyampaikan terima kasih kepada Hyundai Motor Group yang berinisiatif mengge;ar acara Hyundai Start-Up Challenge.
“Tentunya karya-karya dari para pemenang ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas perkembangan ekonomi digital di masa depan. Kemampuan dan keunggulan digital networking sangat penting dalam bersaing di era 5.0, sehingga semakin memperkuat ekosistem digital di Indonesia.”
Hyundai Motor Group menyelenggarakan Demo Day dan seremonial penghargaan ‘Hyundai Startup Challenge 2022’ di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 25 November. Di acara ini juga menjadi ajang berbagi informasi mengenai hasil bisnis dari setiap usaha sosial yang terlibat dalam program ini.
Hyundai mengumumkan beberapa pemenang HSC pada acara Demo Day ini. Pemenang pertama tim Hear Me, dengan karya yang dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita tunarungu dalam kehidupan sehari-hari melalui pengembangan aplikasi terjemahan/interpretasi bahasa isyarat, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 32 juta won.
Pemenang kedua adalah Syams, hasil karya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal, membuat kerajinan tangan tradisional Indonesia melalui daur ulang yang menarik perhatian. Syams mendapatkan hadiah sebesar 16 juta won. Pemenang ketiga, dengan karya Enabler e-commerce bekerja pada platform berbasis teknologi untuk mendukung tenaga kerja digital, menyelesaikan kesenjangan pendidikan melalui pelatihan programmer Indonesia dan platform tanya-jawab ini, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 8 juta won.
Editor : Mohamad Nur Asikin
Sumber: www.jawapos.com