Baru Diluncurkan, COSMOS Siap Dukung UKM Tingkatkan Daya Saing

AED.OR.ID – Lembaga think tank independen COSMOS atau Center for SME Movements telah diluncurkan untuk mengangkat daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia di tingkat nasional hingga global. Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung tercapainya kesejahteraan sosial bangsa.

Executive Director COSMOS Titah Yudhistira mengatakan COSMOS akan menghadirkan dukungan strategis dan taktis kepada UKM melalui tiga cara. Pertama, melakukan kajian dan penelitian untuk membantu para pihak pengambil keputusan/pembuat kebijakan di tingkat daerah dan nasional.

Kedua, ikut meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UKM melalui pendampingan langsung di lapangan. Ketiga, berperan aktif dalam penciptaan nilai (value creation) di sepanjang rantai pasok untuk menghasilkan produk/ jasa sesuai permintaan maupun yang dapat ditawarkan kepada pasar.

“Dunia usaha memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis yang bisa membantu UKM naik kelas, dan tujuan COSMOS adalah membantu mendistribusikan informasi ini kepada semua pihak untuk meratakan kesempatan bisnis,” kata Titah Yudhistira dalam keterangan tertulis yang diterima AED.OR.ID, Kamis (22/12).

Ia menjelaskan, dukungan ini diberikan mengingat UKM memiliki peran yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. Namun di sisi lain potensi dan tantangan yang dihadapi juga muncul secara beriringan dan salah satu tantangan tersebut adalah aksesibilitas terhadap informasi.

Diluncurkan saat dunia diperkirakan memasuki resesi tahun depan, kata Titah, kondisi tersebut sebenarnya menawarkan banyak peluang bagi UKM. Rantai pasokan global yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 serta lock down di RRC justru menawarkan peluang bagi Indonesia untuk menjadi lebih mandiri dengan investasi yang tepat dan berbagai Peraturan Pemerintah yang lebih pro UKM.

COSMOS membuka peluang bagi pelaku bisnis, pemerintah, LSM, media, serta pemangku kepentingan lainnya untuk ikut bergabung atau membantu mengumpulkan informasi, ide dan pengalaman bisnis yang bisa digunakan oleh pelaku UKM.

“COSMOS tidak bisa bekerja sendiri, dan kami menyambut mitra-mitra lainnya untuk bersama-sama memberikan komitmen guna mendukung pertumbuhan UKM Indonesia. Bersama-sama, kita dapat membantu UKM berkembang dan menciptakan masa depan yang lebih sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutup Titah.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri



Sumber: www.jawapos.com

Related posts