AED.OR.ID – BRI Insurance (BRINS) menggelar Sapa Komunitas bersama White Car Indonesia (WCI) dan Jawa Pos. Event tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari BRINS.
Sapa Komunitas merupakan bentuk edukasi tentang pentingnya asuransi bagi komunitas kendaraan dan UMKM di Indonesia. “Sapa komunitas adalah salah satu bagian dari proses kita untuk meliterasi masyarakat,” ujar Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRI Insurance Heri Supriyadi kepada wartawan di Streetfood Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (12/11).
Heri Supriyadi menyebut, literasi atau kepahaman masyarakat Indonesia terhadap asurasi saat baru pada tahap 3-4 persen. Artinya, banyak yang tidak tahu tentang asuransi.
Heri menyakini cara paling efektif untuk menyapa dan mengedukasi masyarakat terkait dengan asuransi adalah melalui komunitas-komunitas. Oleh karena itu, saat ini BRI Insurance bersama Jawa Pos dan WCI memanfaatkan momen tersebut.
“Komunitas yang paling pas ini, kendaraan. Kenapa? Karena setiap orang punya kendaraan dan rata-rata kendaraan pasti ada asuransinya. Kalau belum ada asuransinya. Harus segera diasuransikan. Memiliki kendaraan di Jakarta harus ada asuransinya, karena menghadapi banyak risiko seperti keserempet dan lainnya,” paparnya.
Dengan lewat komunitas, sambung dia, edukasi dapat tersampaikan lebih menyenangkan, tidak terkesan menggurui, dan promosi semata.
“Lewat komunitas kita bisa ngobrol, lebih santai untuk edukasi dan sebagainya. Selain itu, BRINS juga memiliki peran sebagai partner yang terpercaya untuk Komunitas dan UMKM serta Seluruh Masyarakat Indonesia sesuai visi nya, yaitu The Most Trusted Partner For Reliable Protection Solution” ungkapnya.
Selain urgensi untuk kendaraan, asuransi juga untuk memproteksi lapak-lapak UMKM terhadap hal yang tak terduga. Apalagi BRINS memiliki produk asuransi mikro. Produk itu sangat dibutuhkan para UMKM. Makanya perlu dijelaskan kepada UMKM soal hal-hal apa saja yang di-cover dan kenapa lapak UMKM perlu diasuransikan.
Inovasi Asuransi per Hari
Untuk memudahkan dan memberikan opsi untuk mengambil asuransi bagi warga yang merasa tidak sering menggunakan kendaraan, BRI Insurance membuat inovasi berupa asuransi customize.
Direktur Teknik BRI Insurance Ade Zulfikar mengatakan, dengan adanya asuransi customize, orang yang hanya butuh asuransi sebulan hingga per hari dapat melakukannya.
Selama ini asuransi itu ikatan kontraknya satu tahun. Preminya satu tahunan. Akan tetapi, masalahnya banyak yang merasa berat untuk membayar preminya satu tahun itu karena dianggap mahal. Nah, customize di BRI Insurance ada waktunya.
“Jadi ketika orang butuh untuk asuransi hanya satu bulan, dua bulan, bahkan dua Minggu, preminya pun akan menyesuaikan,” jelas Ade Zulfikar.
Bahkan ada asuransi harian. Asuransi per hari dapat berguna untuk para ojek online yang hari kerjanya tidak menentu. Contohnya, ojek online hari ini berangkat, maka yang diperlukan hanya satu hari itu saja tetap dapat membuat asuransi.
“Saya perlu untuk melindungi diri sendiri, pakai aplikasi, terus pulang udah selesai, cover hari itu saja. Besoknya gak kerja, ya sudah gak perlu asuransi,” jelasnya.
Ade mengatakan, harga asuransi per hari tidak lebih dari Rp 10 ribu. Tiap orang dapat melihat detailnya di aplikasi BRI Asurance.
Untuk diketahui, selain memberikan edukasi kepada komunitas, Sapa Komunitas yang bertemakan “Proteksi untuk Semua” itu juga memberikan 60 paket sembako kepada UMKM di Streetfood 1 Pantai Indah Kapuk.
Editor : Ilham Safutra
Reporter : ARM, Tazkia Royyan Hikmatiar
Sumber: www.jawapos.com