AED.OR.ID – Kinerja pusat perbelanjaan mal dan ritel mulai membaik seiring dengan pelonggaran mobilitas yang berlaku. Memaksimalkan situasi tersebut, beberapa perusahaan ritel dan pusat perbelanjaan telah mengambil ancang-ancang membuka gerai-gerai baru.
Perusahaan konsultan properti Cushman & Wakefield merilis hasil survei terbaru yang menyebutkan kinerja pusat perbelanjaan dan ritel di Jakarta mulai membaik. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung yang terus meningkat dan mendekati capaian sebelum pandemi Covid-19.
Director Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan, rata-rata tingkat hunian pasar ritel Jakarta meningkat 0,8 persen secara year-on-year (YoY) menjadi 77,4 persen. “Mal yang disewakan berkinerja lebih baik pada tingkat okupansi rata-rata 82,8 persen, yang mencerminkan peningkatan sebesar 1,7 persen (YoY). Lalu lintas pengunjung terus meningkat selama kuartal III 2022 dengan beberapa pusat perbelanjaan telah mendapatkan kembali angka kunjungan yang mendekati normal,” ujarnya Senin (7/11).
Kebangkitan pasar ritel juga dipicu dengan strategi bisnis kalangan peritel online yang telah memulai kembali ekspansi toko offline. Sepanjang Juli hingga September 2022, JD Sports memperluas ekspansi bisnisnya dengan membuka tiga toko di Senayan City, Central Park, dan Pondok Indah Mall 3.
Sementara itu, Blibli Store terus melakukan ekspansi online dan offline dengan membuka tiga toko lagi di sejumlah pusat perbelanjaan premium. Sementara itu, Love, Bonito, label fashion omnichannel asal Singapura, membuka toko flagship pertamanya di pusat perbelanjaan Grand Indonesia.
Selain itu, ada tiga pusat perbelanjaan atau mal baru di Jakarta yang akan beroperasi akhir 2022 ini. Tiga mal yang dimaksud adalah Chillax Sudirman, Central Market Pantai Indah Kapuk (PIK), dan Retail Damai Indah Golf PIK.
Sementara itu, Matahari Department Store baru saja membuka gerai di Jawa Timur Oktober lalu. Gerai itu menjadi gerai kelima yang dibuka tahun ini.
CEO Matahari Terry O’Connor mengatakan, saat ini Matahari mempunyai 143 gerai di seluruh Indonesia. Total Matahari ekspansi 10 gerai pada 2022.
“Matahari memiliki visibilitas untuk membuka 12–15 gerai baru pada 2023 dan meningkatkan peluang perluasan gerai,” bebernya.
Sumber: www.jawapos.com